DPRD Medan Minta Bapenda Libatkan OPD terkait Kutip Pajak 

DPRD Medan Minta Bapenda Libatkan OPD terkait Kutip Pajak 

topmetro.news – Anggota Komisi III DPRD Medan, Mulia Syahputra Nasution, meminta Bapenda (Badan Pendapatan Daerah) Medan untuk melibatkan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait untuk melakukan kutipan pajak. Hal Ini dalam rangka memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Medan dari sektor pajak.

“Kita sepakat dengan Walikota Medan. Bapenda memang tidak mungkin bisa maksimal dalam melakukan pengutipan pajak bila berjalan sendiri. Artinya, Bapenda harus bersama-sama dengan OPD lainnya. Ini penting, agar pajak yang dikutip bisa maksimal, sehingga mendongkrak PAD Kota Medan,” ungkapnya kepada wartawan, Jumat (28/4).

Kolaborasi yang Bapenda dengan OPD terkait lakukan menurutnya dapat memaksimalkan pengutipan pajak.

“Dengan maksimalnya pengutipan pajak, maka Pendapatan Asli Daerah (PAD) di tahun 2023 dapat lebih maksimal di bandingkan tahun-tahun sebelumnya,” sarannya.

Sejatinya, ada banyak OPD yang lebih mengerti dan menguasai kondisi wajib pajak yang akan ditagih. Misalnya seperti saat menagih tunggakan PBB, perangkat di kecamatan ataupun kelurahan di nilai sebagai pihak yang paling mengetahui kondisi wajib pajak.

“Wajar saja pihak kecamatan dan kelurahan lebih mengetahui, karena wajib pajak tersebut merupakan warga. Itu sebabnya Bapenda harus memaksimalkan kolaborasi dengan pihak kecamatan dan kelurahan,” jelasnya.

Pajak Hotel dan Restoran

Begitu juga misalnya dengan proses pengutipan Pajak Hotel dan Restoran, ia meminta agar Bapenda harus dapat menggandeng Dinas Pariwisata.

“Sebab hotel dan restoran itu merupakan stakeholder Dispar. Tentu hubungan emosional para pelaku usaha hotel dan restoran sudah lebih terbangun dengan teman-teman di Dinas Pariwisata, karena mereka pasti lebih sering berkomunikasi. Hal-hal seperti ini yang harus di pahami, agar pengutipan pajak dapat benar-benar maksimal,” tambahnya.

Oleh sebab itu, Mulia juga meminta kepada setiap perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan untuk mendukung Bapenda Kota Medan dalam melakukan penagihan pajak sesuai arahan Walikota Medan. Dia meminta agar setiap OPD dapat berkolaborasi untuk memaksimalkan peningkatkan PAD Kota Medan di tahun 2023.

“Sebab PAD sangat kita butuhkan untuk memaksimalkan percepatan pembangunan di Kota Medan, baik pembangunan fisik maupun non fisik yang keseluruhannya akan sangat berdampak bagi kesejahteraan masyarakat,” tutupnya.

reporter: Thamrin Samosir 

Related posts

Leave a Comment